Translate

TEORI BATERE


Baterai adalah alat penyimpan tenaga listrik arus searah ( DC ). Ada beberapa jenis baterai / aki di pasaran yaitu jenis aki basah/konvensional, hybrid dan MF ( Maintenance Free ). Aki basah/konvensional berarti masih menggunakan asam sulfat ( H2SO4 ) dalam bentuk cair.  Sedangkan aki MF sering disebut juga aki kering karena asam sulfatnya sudah dalam bentuk gel/selai.  Dalam hal mempertimbangkan posisi peletakkannya maka aki kering tidak mempunyai kendala, lain halnya dengan aki basah.


Aki konvensional juga kandungan timbalnya ( Pb ) masih tinggi sekitar 2,5%untuk masing-masing sel positif dan negatif.  Sedangkan jenis hybrid kandungan timbalnya sudah dikurangi menjadi masing-masing  1,7%, hanya saja sel negatifnya sudah ditambahkan unsur Calsium.  Sedangkan aki MF / aki kering sel positifnya masih menggunakan timbal 1,7% tetapi sel negatifnya sudah tidak  menggunakan timbal melainkan Calsium sebesar 1,7%. Pada Calsium battery Asam Sulfatnya ( H2SO4 ) masih berbentuk cairan, hanya saja hampir tidak
memerlukan perawatan karena tingkat penguapannya kecil sekali dan dikondensasi kembali.  Teknologi sekarang bahkan sudah memakai bahan silver untuk campuran sel negatifnya.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih aki :

  • Tata letak, apakah posisi tegak, miring atau terbalik.  Bila pertimbangannya untuk segala posisi maka aki kering adalah pilihan utama karena cairan air aki tidak akan tumpah.  Kendaraan off road biasanya menggunakan aki kering mengingat medannya yang berat. Aki ikut terguncang-guncang dan terbanting.  Aki kering tahan goncangan sedangkan aki basah bahan elektodanya mudah rapuh terkena goncangan.
  • Voltase / tegangan, di pasaran yang mudah ditemui adalah yang bertegangan 6V, 12V da 24V.  Ada juga yang multipole yang mempunyai beberapa titik tegangan.  Yang custom juga ada, biasanya dipakai untuk keperluan industri.
  • Kapasitas
    aki yang tertulis dalam satuan Ah ( Ampere hour ), yang menyatakan  kekuatan aki, seberapa lama aki tersebut dapat bertahan mensuplai arus untuk beban / load.
  • Cranking Ampere yang menyatakan seberapa besar arus start yang dapat disuplai untuk pertama kali pada saat beban dihidupkan.  Aki kering biasanya mempunyai cranking ampere yang lebih kecil dibandingkan aki basah, akan tetapi suplai tegangan dan arusnya relatif stabil dan konsisten.  Itu sebabnya perangkat audio mobil banyak menggunakan aki kering.
  • Pemakaian dari aki itu sendiri apakah untuk kebutuhan rutin yang sering dipakai ataukah cuma sebagai back-up saja.  Aki basah, tegangan dan kapasitasnya akan menurun bila disimpan lama tanpa  recharge, sedangkan aki kering relatif stabil bila di simpan untuk
    jangka waktu lama tanpa recharge.
  • Harga karena aki kering mempunyai banyak keunggulan maka harganya pun jauh lebih mahal daripada aki basah.  Untuk menjembatani rentang harga yang jauh maka produsen aki  juga  memproduksi jenis aki kalsium ( calcium battery ) yang harganya diantara keduanya.
Secara garis besar, battery dibedakan berdasarkan aplikasi dan  konstruksinya.  Berdasarkan aplikasi maka battery dibedakan untuk  automotif, marine dan deep cycle.  Deep cycle itu meliputi battery  yang biasa digunakan untuk PV ( Photo Voltaic ) dan back up power.

Sedangkan secara konstruksi maka battery dibedakan menjadi type basah,  gel dan AGM ( Absorbed Glass Mat ).  Battery jenis AGM biasanya  juga dikenal dgn VRLA ( Valve Regulated Lead Acid ). Battery kering Deep Cycle juga dirancang untuk menghasilkan tegangan yang stabil dan konsisten. Penurunan kemampuannya tidak lebih dari 1-2% per  bulan tanpa perlu dicharge.  Bandingkan dengan battery konvensional yang bisa mencapai 2% per minggu untuk self  discharge.  Konsekuensinya untuk charging pengisian arus ke  dalam battery Deep Cycle harus lebih kecil dibandingkan battery  konvensional sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk mengisi  muatannya.  Antara type gel dan AGM hampir mirip hanya saja battery AGM mempunyai semua kelebihan  yang dimiliki type gel tanpa  memiliki kekurangannya.  Kekurangan type Gel adalah pada waktu  dicharge maka tegangannya harus 20% lebih rendah dari battery type AGM  ataupun basah.  Bila overcharged maka akan timbul rongga di dalam
gelnya yg sulit diperbaiki sehingga berkurang kapasitas muatannya. Karena tidak ada cairan yang dapat membeku maupun mengembang, membuat battery  Deep Cycle tahan terhadap cuaca ekstrim yang membekukan.  Itulah  sebabnya mengapa pada cuaca dingin yang ekstrim, kendaraan yang  menggunakan baterai konvensional tidak dapat distart alias mogok.

Ada 2 rating untuk battery yaitu CCA dan RC.
* CCA ( Cold Cranking Ampere ) menunjukkan seberapa besar arus yang dapat dikeluarkan serentak selama 30 detik pada titik beku air yaitu 0 derajad Celcius.
* RC ( Reserve Capacity ) menunjukkan berapa lama ( dalam menit ) battery tersebut dapat menyalurkan arus sebesar 25A sambil tetap menjaga  tegangannya di atas 10,5 Volt.

Battery Deep Cycle mempunyai 2-3 kali lipat nilai RC dibandingkan battery
konvensional.  Umur battery AGM rata-rata antara 5-8 tahun.

Comments